Saturday, December 3, 2011

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)

Halo semua...
Postingan kali ini saya ingin berbagi tentang Asymmetric Digital Subscriber Line atau kerap disapa ADSL. Hasil dari berburu saya di dunia maya, sumbernya ada diakhir , yang juga jadi tugas buat mata kuliah JarKom...
Check it out ...
Semoga bermanfaat dan bernilai memuaskan.

Salah satu layanan internet yang paling mudah dan murah biayanya saat ini di Indonesia adalah koneksi menggunakan teknologi ADSL yang di sediakan oleh Telkom dengan Brand Telkom Speedy.

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan. ADSL adalah sebuah teknologi interkoneksi data yang hanya menggunakan kabel telepon biasa dengan kecepatan maximum Dowstream Up To 8 Megabit per detik(Mbps) dengan jarak maksimal sekitar 6000 feet (1.820 Meter), dan kecepatan maximum Upstream Up To 640 kilobit per detik (Kbps). Dalam prakteknya, kecepatan yang bisa di gunakan sampai 1.5Mbps downstream dan 64 sampai 640kbps upstream. Beberapa pengembangan dari ADSL adalah teknologi ADSL2 dan ADSL2+. Teknologi ADSL memiliki keterbatasan, seperti jarak jangkau dari Telco atau gardu induk telepon dengan modem pelanggan tidak boleh terlalu jauh.

Untuk memasang koneksi modem ADSL ada beberapa perangkat dan ketentuan yang dibutuhkan seperti aturan line telepon dirumah apakah sudah terdafar sebagai pelanggan Telkom Speedy (penyedia jasa internet yang menggunakan teknologi ADSL), Splitter, modem ADSL, kabel telepon, kabel LAN. Dibawah ini akan dibicarakan cara untuk pemasangan awal sampai melakukan setup pada modem ADSL dan computer.

Mengunakan ADSL modem memerlukan satu buah line telepon. Saat ini pemakai dapat berbagi antara koneksi internet dengan ADSL dengan telepon untuk suara. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.

Posisi Splitter ditempatkan didepan ketika line telepon masuk. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang mengunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.

Dibawah ini adalah gambar skema pemasangan modem ADSL


Indikator modem ADSL umumnya memiliki 3 lampu indikator yaitu PPP, Power, DSL. Bila anda mengunakan modem jenis koneksi ethernet dan USB maka akan ditambahkan 2 lampu indikator untuk indikator Ethernet dan USB. 3 indikator tersebut harus menyala, untuk memastikan anda telah terkoneksi dengan intenet. Jika Anda menggunakan koneksi internet ke computer/laptop menggunakan USB maka lampu indokator USB harus menyala, sedangkan jika anda menggunkan kabel Ethernet maka indicator Ethernet harus menyala.

Setelah lampu indikator menyala sesuai dengan yang dijelaskan diatas, langkah berikutnya adalah pengaturan pada modem ADSL. Untuk setting modem ADSL biasanya akan disetting langsung oleh petugas dari telkom secara gratis.

Jika anda ingin melakukannya sendiri sebagai praktek pelajaran jaringan komputer misalnya. Cara settingnya sebagai berikut :
1. Setting modem dapat dilakukan melalui browser diantaranya dengan mengakses alamat http://192.168.1.1, http://10.0.0.2 atau melalui CD installer sesuai dengan buku manualnya.
2. Setelah masuk ke menu setting maka masukkan parameter berikut :
VPC Configuration :
VCI = 35
VPI = 0
Service Category = UBR Without PCR
Connection type = PPPoE
Encapsulation = LLC

Setelah setting modem ADSL, langkah berikutnya setting PC/laptop yang anda akan gunakan.Untuk setting PC/laptop dilakukan sesuai dengan sistem operasi yang terpasang. Disini saya hanya menjelaskan setting pada sistem operasi Microsoft Windows XP.
1. Klik Start - Control Panel - Network and Internet Connection- Network Connection, sehingga muncul kotak dialog sebagai berikut :



2. Klik Kanan pada gambar Local Area Connection - pilih Properties

3. Pada Menu General klik dua kali Internet Protocol (TCP/IP). Akan muncul dialog sebagai berikut :


4. Pilih Obtain an IP address automatically untuk mendapatkan alamat IP secara otomatis. Jika anda ingin memberi alamat IP sesuai dengan yang anda inginkan dengan memilih Use the following IP address. Kemudian masukan IP address, Subnet mask, dan Default gateway --> 192.168.1.1 (alamat IP modem ADSL speedy).

5. Pilih Use following DNS server - masukan alamat IP DNS server speedy. Alamat IP DNS speedy dapat diketahui melalui customer speedy, atau mencari lewat google. disini saya berikan 2 alamat DNS speedy yang saya ketahui dan saya gunakan 125.160.2.34 & 203.130.209.242. Alamat tersebut anda masukan satu pada Preferred DNS server dan satu lagi pada Alternate DNS server.

Kemudian klik OK.


Setting sudah selesai dilakukan.

Selamat Mencoba !!!


Sumber :

http://www.obengware.com/tips/setupadsltelkomspeedy3.htm
http://id.wikipedia.org/wiki/ADSL
http://www.indohotspot.net/ZoneWifi/frontpage/readtutorial/37
http://adhiewibowo.wordpress.com/2008/03/06/panduan-cara-setting-modem-adsl/
http://www.telkom.co.id/produk-layanan/faq/speedy/
http://www.telkom.co.id/produk-layanan/personal/internet/speedy.html

No comments:

Post a Comment

:))

Search On This Blog